Senin, 30 April 2018

Rencana Audit internal petanang


RENCANA PROGRAM AUDIT INTERNAL PUSKESMAS PETANANG
TAHUN 2018


I.       Pendahuluan:

Monitoring dan penilaian kinerja Puskesmas dilakukan sebagai wujud akuntabiltas puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.  Berbagai mekanisme monitoring dan penilaian kinerja dilakukan baik melalui supervisi, laporan capaian kinerja, audit, lokakarya mini bulanan, lokakarya mini triwulan, penilaian kinerja semester, dan penilaian kinerja tahunan.

Audit internal merupakan salah satu mekanisme untuk menilai kinerja puskesmas yang dilakukan oleh tim audit internal yang dibentuk oleh Kepala Puskesmas berdasarkan standar/kriteria/target yang ditetapkan.

Agar pelaksanaan audit internal dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, maka disusun rencana program audit.

II.    Latar Belakang:
Audit internal merupakan salah satu mekanisme untuk menilai kinerja puskesmas yang dilakukan oleh tim audit internal yang dibentuk oleh Kepala Puskesmas berdasarkan standar/kriteria/target yang ditetapkan.

Agar pelaksanaan audit internal dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, maka disusun rencana program audit.

III. Tujuan audit:
Tujuan Umum:
Melakukan penilaian terhadap kesesuaian sumber daya, proses pelayanan, dan kinerja pelayanan UKM dan UKP sebagai dasar untuk melakukan perbaikan mutu dan kinerja
Tujuan Khusus:
1.   Melakukan audit kesesuaian sumber daya, proses pelayanan, dan capaian kienrja pelayanan UKM: KIA, Promkes, Gizi, dan Pencegahan Penyakit
2.   Melakukan audit kesesuaian sumber daya, proses pelayanan, dan capaian kienrja pelayanan UKM: KIA, Promkes, Gizi, dan Pencegahan Penyakit
3.   Melakukan audit kinerja administrasi manajemen puskesmas: kearsipan, kepegawaian, dan logistic.


IV. Kegiatan Pokok dan Rincian Kegiatan
a.       Lingkup audit:
1. Pelayanan UKM:
-          Kesehatan Lingkungan
-          Gizi

b.      kegiatan Audit dan Rincian kegiatan:
1.      Penyusunan rencana program audit
2.      Penyusunan KAK audit internal untuk masing-masing unit yang akan diaudit
3.      Pemberitahuan kepada unit yang akan diaudit
4.      Pelaksanaan kegiatan audit sesuai jaudal
5.      Analisis hasil audit
6.      Tindak lanjut hasil audit
7.      Monitoring pelaksanaan tindak lanjut
8.      Menyusun laporan audit internal
9.      Penyampaian laporan hasil audit dan tindaklanjutnya                                   

V.    Cara melakukan kegiatan:
a.       Kriteria audit yang digunakan :

Pelayanan
Lingkup
Objek Audit
Kriteria
Keterangan (bisa diisi dengan referensi yang digunakan)
UKM




1
Kesling
Capaian Kesling tentang pengunaan Jamban sehat
Standar cakupan kesling tentang Jamban Sehat
Permenkes No.3 tahun 2014


Pelaksanaan STBM tentang jamban sehat
Penyelenggaraan STBM tentang jamban sehat

2
Gizi
Capaian Pelayanan Anak Balita
Standar cakupan Pelayanan Anak Balita



Pelaksanaan Pelayanan Anak Balita
Pelayanan Anak balita (12 bln s/d 59 tahun)


b.      Metoda audit:
Metoda  dalam pelaksanaan audit internal adalah : Observasi, wawancara, dan melihat dokumen.

c.       Instrumen audit:
Instrumen yang digunakan dalam melakukan audit internal meliputi:

a.       Kuesioner untuk wawancara
b.      Panduan observasi

Instrumen audit tersebut disusun pada saat menyusun kerangka acuan kegiatan audit internal sesuai dengan yang direncanakan

VI. Sasaran/Objek audit:
Terlaksananya audit Pelayanan UKM: (kesling dan Gizi)
§  Kesling            : capaian kinerja pemeriksaan Jamban Sehat   Gizi                 : Pelaksanaan Pelayanan anak Balita (12 s/d 59   bulan )
                                                                                                           
VII.     Jadual dan alokasi waktu (lihat lampiran)
VIII.   Evaluasi pelaksanaan Kegiatan dan Pelaporan:
Evaluasi pelaksanaan kegiatan audit dilakukan untuk menilai apakah pelaksanaan audit sesuai dengan jadual yang sudah disusun setiap tiga bulan sekali.  Jika terjadi ketidak sesuaian dalam pelaksanaan kegiatan audit dilaporkan kepada ketua tim audit untuk dibahas bersama dalam tim audit internal.

IX.             Pencatatan, pelaporan, dan evaluasi kegiatan:
Auditor internal harus mencatat/mendokumentasikan keseluruhan proses kegiatan audit internal, dan melaporkan hasil temuan audit, hasil analisis, dan rencana tindak lanjut yang disepakati bersama dengan auditee.  Keseluruhan kegiatan audit internal harus dievaluasi sebagai dasar untuk melakukan perbaikan dalam melaksanakan audit.

Lampiran - lampiran:

Lampiran 1. Jadual kegiatan audit internal



JADUAL KEGIATAN AUDIT INTERNAL PUSKESMAS PETANANG
TAHUN 2018
Kegiatan
UNIT KERJA YANG DIAUDIT
JAN
PEB
MAR
APR
MEI
JUNI
JULI
AGT
SEP
OKT
NOP
DES
1. Penyusunan rencana program audit

X











2. Penyusunan Kerangka Acuan

X
X










3. Pemberitahunan kepada unit yang akan diaudit

X
X










4. Pelaksanaan Audit
UKM













kesling



Gizi








Tim Audit



Tim 1 (Yohanes,Am.Kep, Khosidah,SST)

Tim 2 (drg. Maiko Erdiansah, Anna Gunhiu AK, SKM)







5. Analisis hasil audit




X
X







6. Tindak lanjut hasil audit






X
X





7. Monitoring pelaksanaan tindak lanjut audit








X
X



8. Menyusun laporan audit










X
X



Lampiran 2. Rincian Rencana Kegiatan audit.

Unit
Tujuan
Sasaran audit
(Kegiatan/
Proses yang diaudit)
Auditor
Standar/kriteria yang menjadi acuan
Metoda
Instrumen audit
Tgl&
Waktu
Audit i
Tgl&
Waktu
Audit ii
Keterangan

KESLING
Menilai Program KESLING Tentang Jamban Sehat
 Program KESLING Tentang Jamban Sehat
1. Yohanes, Am,Kep
2. Khosidah, SST
Instrument akreditasi perencanaan program (Bab IV.1,2.3…)
Wawancara, periksa dokumen perencanaan, periksa rekam kegiatan lokmin perencanaan
Quesioner dan wawancara
9 April sd 11 April 2018
7 Mei9 Mei 2018



Menilai capaian kinerja Kesling
Cakupan program Kesling
1. Yohanes, Am,Kep
2. Khosidah, SST
Indikator dan target program Kesling : Jamban Sehat, Rumah Sehat, Akses Air Minum,TTUdll
Periksa laporan bulan Kesling
 target kinerja
23 April sd 25 April 2018
2830 Mei 2018


Gizi
Menilai Program Gizi Tentang Pelayanan Anak Balita 12-59 Bulan
Program Gizi Tentang Pelayanan Anak Balita 12-59 Bulan i
1. drg. Maiko Erdiansah,
2. Anna Gunhiu AK, SKM
Instrument akreditasi perencanaan program (Bab IV.1,2.3…)
Wawancara, periksa dokumen perencanaan, periksa rekam kegiatan lokmin perencanaan
Quesioner dan wawancara
14 -16 Mei 2018
9-11 Juli 2018




Menilai capaian kinerja Gizi
Cakupan program Gizi
1. drg. Maiko Erdiansah,
2. Anna Gunhiu AK, SKM
Indikator dan target program Gizi : Vitamin A, Baduta ditimbang, BGM, D/S, pelayanan kesehatan anak Balita, dll
Periksa laporan bulan Gizi
 target kinerja
21- 23 Mei 2018
2325Juli 2018



Mengetahui,
Ketua tim audit

Lubuk linggau, ……………2018

Anggota Tim Audit:






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar